Minggu, Februari 06, 2011

7 eleven menggebrak Jakarta

Ketika berkeliling jakarta ada sesuatu yang menarik perhatian saya yaitu banyaknya gerai mini market 7 eleven dan selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. 7 eleven adalah suatu gerai minimarket dari Amerika yang disini dijalankan oleh PT Modern yang telah dikenal sebagai pemain yang menjalankan bisnis Fuji Film. Tentu saja tidak afdol apabila saya tidak langsung merasakan pengalaman membeli di gerai 7 eleven.

Anak muda memang pasar yang sangat menjanjikan...banyak sekali produk-produk yang menyasar ke kalangan ini. Kalau para produsen pintar sebenarnya bisa saja mereka tidak memerlukan biaya champainge yang besar dalam menaklukan anak muda. Karena mereka memang lebih suka untuk  mencari produk baru yang "berbeda" dari lainnya.

7 eleven sangat tanggap dalam strategi yang mereka jalankan, sadar bahwa pemain minimarket di Jakarta sudah banyak maka mereka menciptakan blue ocean di bisnis retail. Kalau kita datang dan membeli makanan di gerai 7 eleven memang akan merasakan pengalaman yang jauh berbeda dibanding gerai mini market yang sudah kita kenal sebelumnya. 7 eleven seperti perpaduan antara alfamart, Circle K,dan Coffee bean.

Kita bisa belanja makanan kecil yang biasa dijual di minimarket dan juga kita bisa nongkrong dengan beberapa macam minuman yang disediakan mulai dari yang dingin (slurpee) sampai dengan minuman panas seperti kopi, teh, dll dengan menawarkan value for money. Bayangkan saja kita bisa nongkrong sambil minum capuccino dan 2 tangkap roti bakar hanya seharga Rp 15.000,-

Yang menarik lagi dari 7 eleven ini adalah  mereka menarapkan strategi self service bagi konsumen, para pembeli bebas untuk mengambil apapun yang mereka inginkan dan tinggal membayar. Apabila membeli hotdog kita bebas mengambil "bumbu" untuk hotdog sesuai selera kita, kita bebas mengambil keju mayonaise, Saos sambel dsb. Malah beberapa ABG sering memadu padankan Chiki dan sejenisnya dengan keju mayonaise untuk hotdog dan itu diperbolehkan oleh pegawainya.

Jadi nongkrong sambil makan chiki dan kopi adalah sesuatu yang normal apabila kita ke gerai 7 eleven. Mereka telah menciptakan tempat nongkrong dengan "jenis kelamin" yang baru di jagad kuliner Jakarta...menarik bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar