Selasa, Juli 20, 2010

Tips membuat brosur yang efektif

Brosur? ya brosur merupakan salah satu andalan berpromosi bagi pemilik usaha dalam mengkomunikasikan sesuatu. Dari begitu banyak brosur yang pernah saya lihat dan baca tidak sedikit yang sangat tidak efektif. Apabila brosur yang kita buat tidak efektif jadinya malah akan seperti Junk Mail bagi yang menerima brosur tersebut. Sayangkan apabila brosur yang kita cetak dengan uang yang tidak sedikit malah jadinya akan menumpuk di tong sampah.

Sebenarnya apa yang perlu kita persiapkan dalam membuat brosur?
  1. Kita perlu membuat objective dari brosur tersebut.Objective biasanya berkaitan dengan masalah mengenai usaha yang kita alami. Misalnya penjualan menurun, konsumen kecewa dengan kualitas produk dsb.
  2. Siapa target audience kita dan bagaimana kita ingin ber komunikasi dengan mereka
  3. Tetapkan dahulu apakah ini menjadi brosur yang dipakai selamanya ataukah menjadi pondasi bagi materi promosi kita selanjutnya.
  4. Usahakan brosur ini berupa Single Message. Karena biasanya para pemilik usaha bernafsu ingin memberitahukan semuanya ke dalam brosur yang kecil itu bukannya bagus malah konsumen akan bingung dan tidak ada yang diingat  sama sekali dari brosur tersebut karena saking banyaknya pesan yang disampaikan.
  5. Buat hirarki dalam penulisan di brosur tersebut sehingga setiap tulisan tidak semuanya memiliki font yang sama besar ataupun warna tulisan yang sama semua. Semua diatur sedemikian rupa sehingga apa-apa yang menurut kita paling penting untuk disampaikan lebih menonjol.
  6. Respon apa yang diinginkan ketika audience membaca brosur kita. Ini penting sekali dalam kaitannya membuat desain dari brosur tersebut.
  7. Berilah emosional content dalam brosur karena biasanya orang membeli karena alasan emosional. Biasanya emotional content dapat berupa foto-foto ataupun gambar-gambar. Ingat! jangan menggunakan foto-foto yang asal jepret..semua foto harus di buat dengan kualitas yang tinggi supaya konsumen tertarik.
 Mudah-mudahan tips tersebut dapat membantu anda dalam menyiapkan sebuah brosur dan menghasilkan impact yang bagus buat usaha kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar