Minggu, April 04, 2010

"Nasi Liwet Pak Asep Stroberi"




Bagi yang sering bepergian ke Jawa Tengah lewat jalur selatan mungkin sudah tidak asing lagi dengan Restoran di daerah nagrek sebelah kiri jalan dari arah Jakarta ini. Tempat tersebut cukup menonjol karena kendaraan yang parkir di depan restoran selalu  ramai walaupun bukan hari libur. Dengan lokasi yang jauh dari kota besar Restoran ini sungguh mengundang rasa penasaran orang untuk mencoba mampir dan merasakan atmosphernya



Sebenarnya apa yang membuat Restoran ini selalu saja penuh? Saya sendiri sudah beberapa kali mampir untuk istirahat dan mencoba menu utamanya yaitu paket nasi liwet. Dari soal rasa okelah mengundang selera dengan lokasi di dataran tinggi sehingga menciptakan hawa pegunungan yang segar maka menu nasi liwet hangat ini sangat mendukung sekali. Nasinya, ayam gorengnya, tempe gorengnya, tahu gorengnya dan sambalnya tidak akan mengecewakan para pengunjung dan suasana restorannya adalah nilai plusnya dimana anda akan mendapatkan pengalaman makan yang tidak akan anda ditemukan di kota besar. Perpaduan antara saung-saung lesehan dengan persawahan yang berundak-undak sangat cocok sekali.

Tetapi ada satu hal yang sangat menonjol dari Restoran ini, yaitu ketika akan sholat. Saya terkejut karena musholanya ada di depan dan besar sekali. Kalau dari jalan mungkin banyak yang mengira kalau bangunan ini bukanlah mushola karena merupakan bangunan utama dari Restoran ini. Kebanyakan restoran memilih lokasi musholanya ada di belakang dengan posisi di pojok dengan ukuran bangunan yang mungil. Maka Restoran ini memutarbalikan teori tersebut, karena berada di depan dan merupakan bangunan utama!! Dan pasti orang akan menyimpulkan bahwa Mushola yang besar ini sangat berhubungan dengan ramainya Restoran ini dikunjungi oleh pelanggannya. Pasti yang punya restoran ini merupakan orang yang alim dan mempunyai tingkat religiusitas yang tinggi pikir saya walaupun saya sendiri belum pernah berjumpa dengan Pak Asep pemilik restoran ini.

Saya sangat tertarik mengulas dari sisi strategi Marketing dari restoran ini. Kalau kita sering jalan-jalan keluar kota dengan kendaraan pribadi maka kita akan sering menemui Restoran-restoran yang ada di sepanjang jalan. Dan apa yang membuat kita sudi mampir untuk beristirahat dan makan siang atau malam? Yang pertama biasanya adalah dari pengalaman kita sendiri setelah mencoba-coba beberapa restoran dan kita akhirnya menemukan restoran yang sesuai dengan selera kita. selanjutnya yang kedua adalah kita akan mampir ke suatu restoran apabila memiliki jumlah pengunjung yang banyak dengan ditandai dari jumlah mobil yang parkir di depan restoran, karena ini hampir pasti bisa disimpulkan restoran ini memiliki makanan yang enak. Dan yang ketiga biasanya dari rekomendasi teman kita restoran-restoran mana saja yang layak untuk dikunjungi.

Lalu untuk restoran di jalur keluar kota strategi apa yang cocok untuk mendatangkan pengunjung? Satu hal yang pasti adalah harus memiliki rasa makanan yang enak karena bisnis restoran syarat utamanya adalah rasa dari makanan tersebut. Produk yang bagus akan mempromosikan dirinya sendiri.  Tetapi bagaimana caranya supaya mereka mencoba restoran kita? Nasi liwet Pak Asep strawberry adalah salah satu contoh yang memiliki starategi yang entah disadari atau tidak tetapi sangat manjur. Dia mendesain musholanya di depan dengan ukuran yang besar sehingga sangat nyaman untuk dipakai sebagai tempat istiharat sebentar. Karena kebanyakan pengguna jalan nagrek adalah orang-orang yang pergi keluar kota maka dapat disimpulkan mereka membutuhkan tempat istirahat yang nyaman sambil sholat bagi yang muslim. Dan satu hal lagi, mushola ini di desain tidak seperti mushola pada umumnya tetapi seperti layaknya bangunan restoran sehingga kita tidak akan menyadari kalau ini adalah mushola.

Ini adalah poin pentingnya, bahwa bisa saja di awal-awal pembukaan restoran ini , sebenarnya banyak orang yang beristirahat untuk sholat saja tetapi dari jalan raya orang yang menyetir kendaraan  akan berfikir bahwa mobil yang parkir di depan adalah pengunjung Restoran Nasi Liwet Pak Asep Strawberry.  Sehingga banyak orang yang tertarik untuk mencoba makanan dari restoran ini  karena faktor banyaknya mobil yag parkir di depan restoran. Tetapi karena memang makanan dan suasananya yang enak maka setiap orang akan puas dan secara sadar akan merekomendasikan restoran ini ke kenalan atau kerabatnya.Sehingga semakin lama restoran ini semakin ramai dikunjungi oleh orang yang melewati jalur selatan.

Cerdik sekali strategi yang diterapkan oleh Pak Asep...semoga bermanfaat.

Salam sukses,


Imam Wijayanto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar